Sikap dan Kepribadian


Kehidupan kita sehari-hari dipengaruhi oleh sikap, baik sikap kita terhadap diri kita maupun sikap kita terhadap orang lain. Hal yang dapat dimanfaatkan pengalaman kita sehari-hari sebagai dasar untuk menilai sikap kita. Pada saat menilai kita berusaha
memperbaiki sikap kita menjadi sikap yang positif secara terus menerus.

Sikap yang diperlihatkan secara reflek akan tercermin tergantung suasana hati kita pada saat itu kepada orang lain. Bila pada saat itu mengalami hal-hal yang baik, seperti suatu keberhasilan, maka  akan terpancar sikap positif, begitu pula pada saat  sedang mengalami hal-hal buruk sikap yang diperlihatkan seringkali negatif.


Pengertian Sikap


Sikap (Attitude) adalah :
  • Cara Anda melihat sesuatu secara mental yang mengarah pada perilaku yang ditujukan pada orang lain, ide, objek, dan kelompok tertentu.
  • Cara kita mengkomunikasikan suasana hati kepada orang lain dan juga merupakan cerminan jiwa, cara kita melihat sesuatu secara mental.


Sikap terdiri dari 3 komponen pokok, yaitu :

a. Keyakinan (Aspek Kognitif)

Komponen yang berisikan apa yang diyakini dan apa yang dipikirkan orang mengenai suatu obyek sikap. Apa yang dipikirkan dan diyakini tersebut belum tentu benar. Aspek keyakinan yang positif akan menumbuhkan sikap positif, sedangkan aspek negatif akan menumbuhkan sikap negatif terhadap obyek sikap.

b. Perasaan (Aspek Afektif)

Perasaan senang atau tidak senang adalah komponen yang penting dalam pembentukan sikap. Menurut para ahli mengatakan, bahwa sikap itu semata-mata revleksi dari perasaan senang atau perasaan
tidak senang terhadap obyek sikap.

c. Perilaku (Aspek Konotatif)

Bila orang menyenangi sesuafu obyek, maka ada kecenderungan orang
akan mendekati obyek tersebut dan sebaliknya.

0 Response to "Sikap dan Kepribadian"

Posting Komentar