Pengenalan Diri


Dalam melakukan instrospeksi diri yang kita lakukan adalah mengenal diri kita secara keseluruhan, sehingga kita dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri kita.

Kita sering mempunyai penilaian yang jauh berbeda dari keadaan yang sebenarnya. Kita menyangka diri kita telah sempurna ternyata banyak sekali kekurangan kita atau sebaliknya, kita merasa diri kita selalu kurang atau bahkan kurang sekali, temyata diri kita tidaklah sejelek yang disangka. Namun untuk melakukan suatu intropeksi benar-benar diperlukan suatu kejujuran pada diri sendiri.

Dengan pengenalan diri yang tepat Anda bisa memperoleh "KONSEP DIRI" yang lebih tepat. Dengan demikian Anda dapat berupaya untuk mengembangkan segi positif dan mengatasi segi negatif yang Anda miliki sehingga mampu memupuk sikap-sikap positif sesuai peran yang Anda jalankan.

Pengembangan pribadi yang dilakukan hendaknya sejalan pula dengan
penyesuaian terhadap lingkungan sosial. Hal ini bisa membangkitkan rasa puas, karena selain Anda mampu mengembangkan diri,lingkunganpun bisa menerima diri Anda dengan baik. Dalam hal ini berkomunikasi dengan tepat harus pula diperhatikan. Keserasian antata perkembangan diri dan penyesuaian diri akan menimbulkan perasaan puas. Kepuasan yang Anda rasakan secara bertahap akan bisa memupuk rasa percaya diri yang nantinya akan berkembang menjadi pribadi matang.

Pengenalan diri tidak datang begitu saja, untuk bisa mengenal diri secara lebih perlu diperhatikan cara-cara untuk mengenal diri. Harry Ingham dan Joseph Luft dalam "JOHARI WINDOW" nya menyatakan bahwa manusia memiliki 4 (empat) daerah pengenalan diri:
  • Daerah Terbuka
  • Daerah Buta
  • Daerah Tertutup
  • Daerah Gelap


Pengenalan diri akan lebih baik bila Daerah Terbuka dan Daerah Tertutup dapat lebih dikenal dengan cara instrospeksi. Daerah Buta dan Daerah Gelap juga bisa diperkecil, dengan cara runpan balik atau mempergunakan pemeriksaaan Psikolog. Setelah memperoleh pengenalan diri yang lebih baik melalui instrospeksi, umPan balik atau melalui pemeriksaan psikologis kita dihadapkan situasi pilihan.

0 Response to "Pengenalan Diri"

Posting Komentar